PIM 2022: Teknologi Beton untuk Menara Lonceng Gereja GMIM Lamers Toloun Kombi

109

TS-POLIMDO sipil.polimdo.ac.id – Sabtu, 26 November 2022, berlokasi di Desa Lalumpe, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa, para Dosen Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado yang dikoordinasi oleh Dr. Rilya Rumbayan, ST., M.Eng dan Tim, melakukan Program Penerapan IPTEK pada Masyarakat (PIM).

Kelompok Mitra yang menjadi sasaran kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat melalui PIM ini adalah Jemaat GMIM LAMERS Toloun, Desa Lalumpe, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa, dimana dalam survey di lapangan, teridentifikasi gereja ini masih belum memiliki menara lonceng gereja yang layak, padahal gereja ini telah berdiri sekitar 20 tahun.
Untuk mengatasi permasalah Mitra tersebut, maka Tim Pelaksana, yang beranggotakan Seska Nicolaas, ST., MT, Rudolf E. G. Mait, ST, MT, dan Olivia Moningka, ST, M.Ars menawarkan solusi berupa membangun menara lonceng gereja dengan menggunakan teknologi beton. Pembangunan menara lonceng gereja ini berfungsi sebagai media/sarana untuk memanggil jemaat datang beribadah dan kerap digunakan dalam perayaan tertentu. Selain itu, menara lonceng gereja ini berfungsi untuk mengingatkan waktu berdoa bagi seluruh jemaat.

Selain Tim Pelaksana, kegiatan ini juga melibatkan beberapa Dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, serta warga masyarakat yang merupakan jemaat gereja.

Kegiatan diawali dengan Ibadah sekaligus Peletakan Batu Pertama oleh Pimpinan Jemaat GMIM Lamers Toloun, Ibu Pdt. Ineke Kindangen, M.Th, disusul oleh Perwakilan Pimpinan Jurusan Teknik Sipil, Ir. Ever N. Slat, MT. perwakilan Dosen Ir. Enteng J. Saerang, MT. serta Ketua Program PIM Dr. Rilya Rumbayan, ST., M.Eng.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan tersebut.

Video Kegiatan Program PIM “Teknologi Beton untuk Menara Lonceng Gereja GMIM Lamers Toloun, Desa Lalumpe, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa.