Penelitian Fotogeometri Pertama dan Lengkap oleh 4 Mahasiswa Prodi D-4 TJJ TS-POLIMDO

279

TS-POLIMDO sipil.polimdo.ac.id – Adalah Tiurma Sonya Hutabarat, Revanka Watti, Fauziah Alfarez dan Alvaro Rawung, Empat Mahasiswa (Semester 8) Program Studi Sarjana Terapan Teknik Jalan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado untuk Pertama kalinya melakukan penelitian lengkap dengan Metode Fotogeometri.

Didampingi langsung Dosen Pembimbing Dr. Ir. Tampanatu P.F. Sompie., S.T., M.Eng.Mgmt., Dr. Ir. Reiner Willsen Tampi, S.S.T., M.T., dan Ir. Donny Royke Jannes Taju, M.T., bersama Ketua APDI Sulut Bapak Mad Syarief, empat mahasiswa mendapatkan begitu banyak ilmu, teknik, dan pengolahan data penelitian mereka kedepannya.

Dr. Ir. Tampanatu P.F. Sompie., S.T., M.Eng.Mgmt., dan Bapak Mad Syarief menjelaskan Fotogrametri menjadi metode penelitian yakni dengan pengambilan foto udara menggunakan Drone dan Ground Control Poin (GCP) dengan tingkat akurasi kurang dari 5cm. Penelitian ini nantinya bertujuan untuk memperoleh data trase jalan dengan visualisasi situasi serta kondisi jalan terupdate, visualisasi yang sangat realistis dan teraktual sehingga mendapatkan data-data koordinat lapangan terhadap Koordinat COORS BIG olahan suatu pekerjaan/penelitian.

Lokasi Penelitian yang diambil yakni Jalan Lingkar Danau Tondano sepanjang 42 kilometer.

Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan penelitian tersebut.